Kamis, 17 Desember 2015

5 Tips Pencegahan Terjadinya Batu Empedu

5 Tips Pencegahan Terjadinya Batu Empedu >> Kandung empedu adalah organ kecil yang terletak di bawah hati. Kantong empedu bertanggung jawab untuk membentuk cairan pencernaan dikeluarkan ke dalam usus.

5 Tips Pencegahan Terjadinya Batu Empedu


5 Tips Pencegahan Terjadinya Batu Empedu

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap pengembangan batu empedu, seperti riwayat keluarga, gaya hidup, dan jenis kelamin. Menurut Penyakit Nasional Pencernaan Informasi Clearinghouse, wanita memiliki dua kali risiko terkena batu empedu dibandingkan pria.

Ada banyak cara untuk mencegah batu empedu, misalnya melalui perubahan diet dan gaya hidup. Berikut adalah 5 tips untuk mencegah batu empedu:

1. Asupan lemak 1. Batasi
Membatasi jumlah asupan lemak dalam diet dapat mengurangi risiko batu empedu. Makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging merah dan mentega, dapat menyebabkan batu empedu. Membatasi asupan lemak jenuh, atau beralih ke lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau asam lemak omega-3, mengurangi risiko batu empedu.

2. Menjaga berat badan yang sehat
Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko batu empedu. Berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang harus menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat. Olahraga minimal 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi kemungkinan batu empedu. Makan lebih banyak buah dan sayuran juga penting untuk mencegah terjadinya batu empedu.

3. Hindari diet ketat atau berat badan dengan cepat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak dianjurkan untuk membuat berat badan cepat atau diet ketat. Hal ini karena kehilangan berat badan dengan cepat dapat menyebabkan pembentukan batu empedu. Menurut Mayo Clinic penurunan berat badan yang sehat adalah sekitar 1 kg per minggu. Berat badan lebih dari 1 kg per minggu, ditambah tidak sehat dapat menyebabkan peningkatan berat badan terlalu cepat. Olahraga ringan seperti berjalan kaki dan berenang adalah latihan yang baik untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

4. Alkohol dan kopi
Minum alkohol dalam jumlah moderat dapat mengurangi risiko batu empedu. Dianggap jumlah sedang, jika Anda mengkonsumsi lebih dari dua gelas minuman beralkohol per hari. Menurut Panduan Kesehatan New York Times, jika wanita setidaknya 1 ons alkohol dalam sehari bisa mengurangi risiko batu empedu sebesar 20 persen. Minum kopi dapat mengurangi risiko batu empedu. Kafein dalam kopi dapat berkontribusi kontraksi kandung empedu yang dapat mengurangi produksi batu empedu. Namun, kafein dalam minuman ringan dan teh belum terbukti untuk membantu mencegah batu empedu.

5. Tindakan Pencegahan lainnya
Diet tinggi serat dapat mencegah batu empedu. Makan kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond dan kenari sangat baik untuk mencegah terjadinya batu empedu. Tindakan pencegahan lainnya adalah batu empedu dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Makan makanan secara teratur melainkan juga penting dalam mencegah batu empedu melompat.

Bahwa untuk-5 tips untuk mencegah batu empedu, dapat berguna bagi mereka yang membutuhkan informasi ini.

5 Tips Pencegahan Terjadinya Batu Empedu




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar